Metode Sederhana Untuk Mengobati Sakit Gigi - Blog NURISMA

Metode Sederhana Untuk Mengobati Sakit Gigi

Sakit gigi dapat terjadi karena beberapa penyebab , seperti infeksi pada gusi. Baca terus jika anda ingin tahu bagaimana mengobati sakit gig...
Sakit Gigi

Sakit gigi dapat terjadi karena beberapa penyebab , seperti infeksi pada gusi. Baca terus jika anda ingin tahu bagaimana mengobati sakit gigi anda sendiri perlu pergi ke dokter gigi.

Bersihkan mulut anda secara menyeluruh. Kadang-kadang ini disebabkan oleh potongan-potongan kecil makanan yang tersisa di antara gigi.

Metode sederhana untuk mengobati sakit gigi

1. Ambil obat penghilang rasa sakit.

NSAID, seperti aspirin dan ibuprofen merupakan obat yang cepat dan efektif dalam menyembuhkan pada kasus yang ringan.

Cekot-cekot yang dirasakan ketika sakit dapat berdampak menyebabkan gangguan tidur, selain itu juga sangat mengganggu ketika makan dan berbicara. Hal ini akan lebih sulit lagi bila mengobati pada sakit yag parah, maka dengan menggunakn obat nonprescription dapat membantu meringankannya.

  • Gunakan Hanya pada dosis yang tertera pada label resep atau sesuai yang direkomondasikan oleh dokter gigi anda.
  • Tylenol merupakan pereda nyeri yang cukup efektif.

2. Kompres dengan air dingin.

Isi plastic ata wadah penyimpanan untuk mengompres dengan es, kemudian tutup dengan kain atau handuk tipis dan tempelkan langsung pada pipi. Rasa dingin akan membantu mengurangi rasa sakit.

Jangan sekali-kali menempelkannya langsung ke bagian gigi atau gusi yang sakit. Jika Anda melakukannya, justru rasa sakit akan meningkat sebagai akibat dari peradangan, gigi atau gusi sangat sensitif terhadap suhu panas maupun dingin.

3. Desensitizing gel

Memberikan desensitizing gel pada gigi dan gusi akan menghilangkan rasa sakit selama beberapa jam. Caranya dapat diterapkan langsung ke daerah yang sakit, biasanya efeknya berlangsung selama beberapa jam.

4. Membersihkan mulut secara menyeluruh. 

Kadang-kadang juga disebabkan oleh potongan-potongan kecil makanan yang tersisa di antara gigi, hal ini akan membuat rasa sakit pada gigi berlubang atau radang gusi. Ketika hal ini terjadi, bersihkan mulut secara menyeluruh dapat membantu menghilangkan rasa sakit pada gigi.

Sikat perlahan daerah yang terdapat sisa-sisa makanan diantara sela-sela gigi. Jika rasa sakit disebabkan oleh radang gusi, jangan menyikat yang daerah sakit. Sikat gigi Anda selama beberapa menit, pada daerah yang sakit. Lakukan terus sampai terasa adanya penurunan sensitivitas di daerah tersebut

Gunakan obat kumur. Mengakhiri proses pembersihan menggunakan obat kumur untuk menghilangkan kotoran dan sisa makanan yang menempel.
Konsisten. Lakukan secara rutin dua kali sehari, sampai nyeri benar-benar hilang.

5. Berkumur pakai garam.

Sakit gigi disebabkan oleh infeksi ringan dan dapat hilang dengan sendirinya. Untuk meringankannya, dapat dilakukan dengan berkumur menggunakan air hangat yang dicampur dengan satu sendok makan garam. Ketika garam larut, bilas dan berkumur dengan larutan tersebut, dan pastikan mencapai daerah yang sakit. Ulangi proses ini beberapa kali sehari sampai rasa sakit hilang.

Beberapa tips di atas merupakan metode sederhana untuk meringankan rasa sakit. Sekuat dan sehebat apapun anda, tapi ketika sakit ini menyerang maka anda akan merasakan sakit yang terkadang menyebabkan emosi tidak terkontrol. Konyolnya, ketika seseorang menderita ini maka jarang atau bahkan tak ada seorang kerabatpun yang akan menjenguk.

Mudah-mudahan tips diatas dapat membantu, semoga bermanfa’at

Disqus
Blogger

Out Trusted Partners

Lorem Ipsum is simply dummy text. Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s.

  • Professionally designed themes
  • Choose from professionally designed themes
  • Themes that work across all devices
  • From professionally designed themes that work across